Senin, 24 Maret 2014

SILABUS PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Fisika Kelas / Semester : VII / Ganjil Standar Kompetensi : 1. Memahami Prosedur Ilmiah Untuk Mempelajari Benda-benda Alam Dengan Menggunakan Peralatan.





Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan

Besaran
Mencari informasi mengenai definisi besaran

Membuat pengelompokkan antara besaran pokok dan besaran turunan.
Siswa mampu membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
Menjelaskan pengertian besaran
Tes
Lisan
Uraian
3 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet;
Mencari informasi mengenai definisi dan contoh besaran pokok

Mendeskripsikan pengertian besaran pokok

Tes
Tertulis
Uraian
Mencari informasi mengenai definisi   dan contoh besaran turunan

Mendeskripsikan pengertian besaran turunan
Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan besaran-nesaran fisika yang tergolong sebagai besaran pokok  ( diskusi kelas )

Mengelompokkan besaran-besaran fisika dalam besaran pokok
Tes
Tertulis
PG
Mendiskusikan besaran-besaran fisika yang tergolong sebagai besaran turunan ( diskusi kelas )
Mengelompokkan besaran-besaran fisika dalam besaran turunan
Tes
Tertulis
PG
1.2 Mendeskripsikan pengertian
Suhu dan Pengukurannya
Mencari informasi mengenai definisi suhu
Mengkonversikan suhu suatu zat dari skala
Menaplikasikan pengukuran suhu dengan
Menjelaskan pengertian suhu



Tes
Lisan
Uraian
6 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
suhu dan pengukurannya

Mencari informasi mengenai definisi skala

Celcius, Kelvin,Fahrenheit, dan
Reamur;
benar.
Menjelaskan pengertian skala
Tes
Lisan
Uraian

Marthen Kanginan
( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mencari informasi mengenai skala yang digunakan pada pengukuran suhu

Menyebutkan 4 skala yang digunakan dalam pengukuran suhu

Tes
Lisan
Uraian
Mendiskusikan besarnya skala thermometer sesuai dengan jenis skalanya ( diskusi kelas )

Menetapkan skala thermometer
Tes
Tertulis
PG
Mendiskusikan perumusan hubungan keempat skala thermometer ( diskusi kelas )

Merumuskan hubungan keempat skala thermometer dalam perbandingan
Tes
Tertulis
PG
Melakukan percobaan sederhana menggunakan thermometer celcius dan thermometer lain yang belum diketahui skalanya.

Membandingkan skala thermometer celcius dengan thermometer yang lainnya
Tes
Unjuk  Kerja
Uji Kesimpulan Unjuk Kerja
Melakukan pengukuran suhu zat dengan menggunakan thermometer.

Menggunakan thermometer untuk mengukur suhu zat

Tes
Unjuk kerja
Uji Kesimpulan Unjuk Kerja
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Pengukuran
Melakukan pengukuran suatu benda menggunakan gambar, atau simulasi

Menentukan alat yang sesuai dengan fungsi pengukurannya.;
Melakukan pengukuran menggunakan beberapa alat ukur ( suhu, panjang ) yang sesuai dengan teliti dan mencatat hasil nya.
Menyelesaikan permasalahan pengukuran;
Melakukan pengukuran secara tidak langsung

Tes
Tertulis
PG
5 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;

Melaksanakan percobaan pengukuran suatu benda, misalnya tebal kertas menggunakan mikrometer sekrub

Melakukan pengukuran secara langsung

Tes
Unjuk Kerja
Uji keterampilan unjuk kerja
Melakukan eksperimen menggunakan satuan baku dan tak baku

Mengukur dengan   satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.

Tes
Unjuk Kerja
Uji ketelitian unjuk kerja



-SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas / Semester          : VII / Ganjil
Standar Kompetensi   : 3. Memahami wujud Zat dan Perubahannya
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
3.1 Menjelaskan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Wujud Zat
Mendiskusikan pengertian dan proses perubahan  wujud zat ( diskusi kelas ).
Menyusun skema perubahan wujud zat.; Mengamati peristiwa kohesi dan adhesi.
Menyelesaikan permasalaahan peristiwa perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari

Menjelaskan perubahan wujud zat
Tes
Lisan
Uraian
3 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mencari informasi mengenai sifat-sifat zat padat, cair dan gas berdasarkan bentuk dan volumenya.

Membedakan sifat-sifat antara zat padat, cair dan gas.
Menyebutkan sifat zat padat, cair dan gas

Tes
Lisan
Uraian
Mendiskusikan  pengertian kapilaritas dan peristiwa kapilaritas yang dapat dijumpai di kehisupann sehari-hari ( diskusi kelas )
Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas dalam   kehidupan sehari-hari.
Mengaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

Tes
Tertulis
Uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tahnik
Bentuk


Melakukan pengamatan sifat adhesi dan kohesi
pada percobaan air dan raksa pada pipa kapiler.



Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan
Pengamatan
Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan unjuk
kerja


3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari

Massa Jenis
Melakukan percobaan menentukan massa jenis berbagai zat dengan menggunakan alat-alat ( 4 s/d 5 orang tiap kelompok )


Menentukan jenis zat berdasarkan massa jenisnya;
Menyelesaikan soal-soal  berkaitan dengan konsep massa jenis

Menyelesaikan permasalahan sehubungan dengan massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan dari hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu ciri khas suatu zat

Tes
Unjuk Kerja
Uji Kesimpulan unjuk kerja
4x40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;


Mendiskusikan perumusan konsep massa jenis             ( diskusi kelas )


Menghitung massa jenis suatu zat
Tes
Tertulis
PG
Mencari informasi peristiwa-peristiwa berkaitan dengan konsep massa jenis dalam kehisupan sehari-hari
Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Mengggunakan konsep massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari




Tes
Tertulis
Uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
 3.3 Menjelaskan prinsip  pemuaian
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pemuaian Zat
Mendiskusikan pengertian pemuaian zat ( diskusi kelas )

Mencari informasi pemuaian yang terjadi pada zat
Padat, cair, dan gas;
Mencari informasi  peristiwa Anomali Air
Menyelesaikan permasalahan-permasalahan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan pengertian pemuaian zat
Tes
Tertulis
Uraian
5 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII
Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mendiskusikan  proses  terjadinya pemuaian pada zat padat, cair dan gas ( diskusi kelompok 4 s/d 5 orang ).

Mengidentifikasi proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas

Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan perumusan pemuaian Panjang, Luas dan Volume ( diskusi kelas )

Menyatakan  pemuaian panjang, luas dan volume ke dalam persamaan
Tes 
Tertulis
PG
Mencari informasi perihal pemuaian volume yang terjadi pada zat cair.

Mengetahui adanya sifat anomaly air.
Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair.

Tes
Tertulis
Uraian
Mencari informasi perihal prinsip pemuaian dalam teknologi.
Mengaplikasina pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi misalnya Bimetal, pengelingan, pemasangan bingkai besi pada roda, pemasangan kaca, dan rel kerata api.

Tes
Tertulis
Uraian
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah
wujud zat
Kalor
Mendiskusikan pengertian kalor ( diskusi kelas )
Menghitung banyaknya kalor yang di perlukan pada proses perubahan

Menjelaskan pengertian kalor 
Tes
Lisan 
Uraian
5 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan (
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Pelaksanaan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian tugas
KMTT
Jenis
Teknih
Bentuk
dan suhu
suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari

Mencari informasi tentang bagaimana kalor mengubah suhu benda dan pengaruh kalor terhadap peristiwa perubahan wujud.

suhu,
Melebur, dan menguap.
Menyelesaikan permasalahan-permasalahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda dan  perubahan wujud zat

Tes
Tertulis
Uraian

ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mendiskusikan proses kenaikkan suhu zat ( diskusi kelas  )

Mengidentifikasi  banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat.

Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan factor yang mempengaruhi penguapan ( diskusi kelas )

Mengemukakan factor-faktor yang dapat mempercepat panguapan.

Tes
Tertulis
Uraian
Melakukan percobaan kalor menggunakan calorimeter.

Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
Tes
Uji Kerja
Uji Kesimpulan Kerja
Mendiskusikan hubungan antara energy, massa, kalor jenis dan suhu ( diskusi kelas )
Menerapkan hubungan
Q = m. C. Δt
Q = m. U dan
Q = m. L
Untuk menyelesaikan masalah sederhana

Tes
Tertulis
Uraian dan PG



Standar Kompetensi   :     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan  sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk

1.Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami   gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

Listrik Statis



Mencari informasi tentang pengertian listrik statis dan muatan listrik melalui beberapa sumber belajar dengan bimbingan guru

Membuat resume tentang teori atom



·         Menjelaskan pengertian listrik statis dan muatan listrik.

Tes

Tertulis

Uraian

8  x 40’

Buku IPA FISIKA untuk SMP Kelas IX Karangan Slamet Prawirohartono, Tahun Terbit 2007, Penerbit Bumi Aksara, Kumpulan Rumus Lengkap Kelas VII, VIII, IX SMP, Karangan Sulistyo Hadi, Tahun Terbit 2008, Penerbit Pustaka Widyatama,
Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka,  internet, lingkungan


Mendiskusikan contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dalam kehidupan sehari-hari (diskusi kelas)


Membuat resume tentang medan listrik dan induksi listrik

Menyelesaikan soal-soal tentang medan listrik

·         Memberikan contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

.

Tes

Lisan

Uraian

Melakukan percobaan tentang muatan listrik

Menyimpulkan sifat-sifat muatan listrik dari hasil percobaan



·         Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik.



Tes

Unjuk Kerja

Uji prosedur dan kesimpulan kerja

Guru membimbing siswa dalam penggunaan Hukum Coulomb dan memberikan beberapa contoh soal

Menyelesaikan soal-soal tentang gaya tarik dan gaya tolak antar muatan dengan Hukum Coulomb

Menyelesaikan soal-soal tentang gaya tarik dan gaya tolak antar muatan dengan Hukum Coulomb

·         Menggunakan   hukum Coulomb untuk menghitung besarnya gaya tarik atau gaya tolak antar muatan

Tes

Tertulis

Uraian

2.     Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Listrik Dinamis

Mencari informasi tentang pengertian listrik dinamis melalui beberapa sumber belajar dengan bimbingan guru












·      Menjelaskan pengertian listrik dinamis


Tes

Lisan

Uraian

12  x 40’

Buku IPA FISIKA untuk SMP Kelas IX Karangan Slamet Prawirohartono, Tahun Terbit 2007, Penerbit Bumi Aksara, Kumpulan Rumus Lengkap Kelas VII, VIII, IX SMP, Karangan Sulistyo Hadi, Tahun Terbit 2008, Penerbit Pustaka Widyatama,
Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka, internet, lingkungan

Guru membimbing siswa dalam penggunaan Hukum Ohm dan memberikan beberapa contoh soal

Menyelesaikan soal-soal tentang Hukum Ohm dan membuat kesimpulan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam rangkaian



Menyelesaikan soal-soal tentang Hukum Ohm



·      Menjelaskan hubungan  antara arus listrik dan beda potensial   dalam suatu rangkaian (hukum Ohm). 


Tes

Tertulis

Uraian

Mencari informasi tentang jenis-jenis hambatan   (konduktor, isolator, dan semi konduktor) melalui beberapa sumber belajar   dengan bimbingan guru





·      Membedakan hambatan berdasarkan jenis bahan penyusunnya (konduktor, isolator, dan semi konduktor).


Tes

Tertulis

Objektif

Melakukan percobaan tentang listrik dinamis











·      Melakukan percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian


Tes

Unjuk kerja

Uji prosedur kerja



Mendiskusikan kesimpulan dari hasil melakukan percobaan tentang listrik dinamis




·      Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Tes

Unjuk kerja

Uji kesimpulan kerja

Guru membimbing siswa dalam penggunaan Hukum I Kirchoff dan memberikan beberapa contoh soal

Menyelesaikan soal-soal tentang Hukum I Kirchoff

Menyelesaikan soal-soal tentang Hukum I Kirchoff

·        Menggunakan hukum I Kirchoff  untuk menghitung tegangan dan arus dalam rangkaian.

Tes

Tertulis

Uraian

3.                 Mendesripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Listrik Dinamis

Mencari informasi tentang pengertian elemen listrik dari beberapa sumber belajar



·      Menjelaskan pengertian elemen listrik


Tes

Tertulis

Uraian

8 x 40’

Buku IPA FISIKA untuk SMP Kelas IX Karangan Slamet Prawirohartono, Tahun Terbit 2007, Penerbit Bumi Aksara, Kumpulan Rumus Lengkap Kelas VII, VIII, IX SMP, Karangan Sulistyo Hadi, Tahun Terbit 2008, Penerbit Pustaka Widyatama,
Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka, internet, lingkungan

Mendiskusikan tentang penerapan elemen listrik dalam kehidupan sehari-hari (diskusi kelas)

Memuat resume tentang prinsip kerja berbagai elemen listrik

Memahami pengertian elemen listrik dan prinsip kerja berbagai elemen listrik

·      Menyebutkan elemen-elemen listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


Tes

Lisan

Uraian

Mencari informasi tentang konsep gaya gerak listrik (ggl) sumber arus listrik dari beberapa sumber dengan bimbingan guru



·      Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (ggl) sumber arus listrik.


Tes

Tertulis

Uraian

Mendiskusikan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder (diskusi kecil 4-5 orang)



·         Menjelaskan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.

Tes

Tertulis

Uraian

4.                 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

Energi dan Daya Listrik

Mencari informasi tentang pengertian energi listrik dari beberapa sumber dengan   bimbingan guru




·      Menjelaskan pengertian energi listrik

Tes

Lisan

Uraian

8 x 40’

Buku IPA FISIKA untuk SMP Kelas IX Karangan Slamet Prawirohartono, Tahun Terbit 2007, Penerbit Bumi Aksara, Kumpulan Rumus Lengkap Kelas VII, VIII, IX SMP, Karangan Sulistyo Hadi, Tahun Terbit 2008, Penerbit Pustaka Widyatama,
Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka, internet, lingkungan


Mendiskusikan hubungan antara beda potensial (V) dan kuat arus (I) dengan energi listrik (diskusi kelas)


Menyelesaikan soal-soal tentang energi listrik

Menyelesaikan soal-soal tentang energi listrik

·      Menjelaskan hubungan antara beda potensial (V) dan kuat arus (I) dengan energi listrik.

Tes

Tertulis

Uraian

Mendiskusikan contoh perubahan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari (diskusi kecil 2-3 orang)



Memahami contoh perubahan energi listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·      Memberikan contoh perubahan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari


Tes

Tertulis

Objektif

Mencari informasi tentang pengertian daya listrik dari beberapa sumber dengan   bimbingan guru




·      Menjelaskan pengertian daya listrik



Tes

Lisan

Uraian

Mendiskusikan hubungan antara energi listrik dan daya listrik (diskusi kelas)


Menyelesaikan soal-soal tentang daya listrik

Menyelesaikan soal-soal tentang daya listrik

·      Menjelaskan hubungan antara energi listrik dan daya listrik.



Tes

Tertulis

Uraian

Guru memberikan beberapa contoh soal tentang perhitungan penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari

Menyelesaikan soal-soal tentang perhitungan penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari

Menyelesaikan soal-soal tentang perhitungan penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari

·         Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Tes

Tertulis

Uraian



SILABUS PEMBELAJARAN
            Mata Pelajaran             : Fisika
Kelas / Semester          : VII /Ganjil
Standar Kompetensi     : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
Sifat fisika dan sifat kimia
Mendiskusikan definisi sifat fisika dan sifat kimia serta mencari informasi macam-macam sifat fisika dan sifat kimia tersebut ( diskusi kelas )

Membuat resume perbedaan sifat fisika dan sifat kimia serta table beda karakteristiknya.
Membedakan sifat fisika dan sifat kimia
Menyebutkan sifat fisika dan sifat kimia
Tes
Tertulis
Uraian
2 x 40’ 
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet;





Mendiskusikan dan membandingkan karakteristik sifat fisika dan sifat kimia ( diskusi kelas )

Menjelaskan karakteristik sifat fisika dan sifat kimia

Tes
Tertulis
Uraian
4.2 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia  berdasarkan hasil
Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
Mendiskusikan proses terjadinya perubahan fisika dan perubahan kimia ( diskusi kelas )
Menyimpulkan hasil percobaan fisika dan kimia
Membedakan perubahan fisika dan perubahan kimia
Menyebutkan proses perubahan fisika dan perubahan kimia
Tes
Tertulis
Uraian
3 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan (
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
percobaan sederhana

Memberikan penjelasan mengenai definisi dan karakteristik perubahan fisika dan perubahan kimia ( ceramah )



Menjelaskan karakterisrtik perubahan fisika dan kimia
Tes
Tertulis
PG

ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mendiskusikan peristiwa pada kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perubahan fisika   dan kimia ( diskusi kelompok 4 s/d 5 orang )

Menghubungkan perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

Tes
Tertulis
Uraian
Melaksanakan percobaan berkaitan dengan perubahan fisika dan kimia

Membuktikan proses perubahan fisika dan perubahan kimia melalui percobaan

Tes
Unjuk Kerja
Tes Uji Kesumpulan Unjuk Kerja
Mendiskusikan hasil percobaan perubahan fisika dan kimia ( diskusi kelompok 4 s/d 5 orang )

Membandingkan perubahan fisika dan perubahan kimia dari hasil percobaan

Tes
Tertulis
Uraian
                                                                                                                                                                                                                                                        SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas   / Semester        : VIII / Genap
Standar Kompetensi   : 4. Menjelaskan konsep partikel materi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
4.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekuk
Atom, ion dan molekul
Guru membimbing siswa dalam mengkaji studi pustaka tentang atom, ion dan molekul



Mencari informasi tentang pengertian partikel materi ( atom, ion dan molekul ) beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari
Membedakan antara atom, ion dan molekul
Mendefinisikan pengertian partikel materi ( atom, ion dan molekul )
Tes
Tertulis
Uraian
3 x 40’
IPA Jilid 2 SMP/MTS kelas VIII Hendry G.Kuswanto, Tuti Hartiningsih , Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ; IPA Kimia untuk SMP kelas VIII Jilis 2 Michael Purba Penerbit: Erlangga; internet ; LKS;
Mendiskusikan contoh materi yang terdiri atas ion-ion ( diskusi kelas )



Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion
Tes
Tertulis
Objektif
Mendiskusikan contoh materi yang terdiri atas molekul ( diskusi kelas  )



Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas molekul
Tes
Tertulis
Objektif
4.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk
Hubungan atom, ion dan molekul dengan produk kimia 
Guru membimbing siswa dalam mengkaji studi pustaka tentang hubungan atom, ion dan molekul

Mengetahui hubungan antara atom, ion dan molekul
Menjelaskan hubungan atom dan molekul
Tes
Lisan
Uraian
3 x 40’
IPA Jilid 2 SMP/MTS kelas VIII Hendry G.Kuswanto, Tuti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penialain
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
kimia sehari-hari

Guru membimbing siswa dalam menentukan komponen penyusun salah satu produk kimia ( diskusi kelompok 2 s/d 3 orang )



Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia

Tes
Unjuk kerja
Uraian

Hartiningsih , Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ; IPA Kimia untuk SMP kelas VIII Jilis 2 Michael Purba Penerbit: Erlangga; internet ; LKS;
Mendiskusikan konsep atom dengan prodek sehari-hari ( diskkusi kelas )

Mengaitkan konsep atom dengan produk sehari-hari

Tes
Tertulis
Objektif
Menduskusikan konsep ion dengan produk sehari-hari ( diskusi kelas )

Mengaitkan konsep ion dengan produk sehari-hari

Tes
Tertulis
Objektif
Mendiskusikan konsep molekul dengan produk sehari-hari ( diskusi kelas )

Mengaitkan konsep molekul dengan produk sehari-hari

Tes
Tertulis
Objektif
4.3 Membandingkan moelkul unsur dan molekul senyawa
Perbandingan molekul unsur dan molekul senyawa

Guru membimbing siswa dalam mengkaji studi pustaka tentang  penegrtian molekul unsur dan molekul senyawa






Mencari informasi pengertian molekul unsur dan molekul senyawa dari berbagai sumber.

Mengetahui contoh / aplikasi molekul unsur dalam kehidupan sehari-hari .
Menjelaskan pengertian molekul unsur dan molekul senyawa
Tes
Tertulis
Uraian
3 x 40’
IPA Jilid 2 SMP/MTS kelas VIII Hendry G.Kuswanto, Tuti Hartiningsih , Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk


Mengamati gambar perbedaan molekul unur dan molekul senyawa


Menjelaskan dengan symbol perbedaan molekul unsur dan molekul senyawa

Tes
Tertulis
Uraian

Pendidikan Nasional ; IPA Kimia untuk SMP kelas VIII Jilis 2 Michael Purba Penerbit: Erlangga; internet ; LKS
Mendiskusikan contoh-contoh molekul unsur dalam kehidupan sehari-hari ( diskusi kelas )

Memberikan beberapa contoh molekul unsur dalam kehidupan sehari-hari

Tes
Tertulis
PG
Mengkaji studi pustaka contoh-contoh molekul senyawa dalam kehidupan sehari-hari.

Memberikan beberapa contoh molekul senyawa dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Tertulis
PG


SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran             : Fisika
Kelas/Semester                        : IX/ Genap
Standar Kompetensi     : 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
Gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
Mendiskusikan sifat-sifat kutub magnet ( diskusi kelas )
Mengkaji tinjauan pustaka untuk mencari informasi sifat-sifat kutub magnet dari berbagai sumber.

Menunjukkan sifat kutub magnet.
Tes
Tertulis
Uraian
5 x 40’ 
IPA FISIKA untuk SMP Kelas IX Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas IX Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Guru membimbing siswa untuk mendemonstrasikan cara membuat magnet.

Menjelaskan cara membuat magnet
Tes
Unjuk Kerja
Uji prose-dur dan kesimp-ulan kerja

Mengkaji tinjauan pustaka untuk mencari informasi tentang teori kemagnetan bumi.

Memaparkan teori kemagnetan bumi.
Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan medan magnet di sekitar peghantar berarus listrik

Menunjukkan medan magnet di sekitar penghantar berarus listrik.

Tes
Tertulis
Objektif
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.

Pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi

Mencari tinjauan pustaka cara cara kerja elektromagnetik dalam beberapa produk.


Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk.
Tes
Tertulis
Uraian
4 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas IX Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas IX Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet;
Guru membimbing siswa dalam menentukan penggunaan gaya lorentz pada beberapa produk alat listrik sehari-hari.



Menentukaan penggunaan gaya lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.
Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan manfaat kemagnetan dalam produk teknologi secara ( Diskusi kelas )



Mengemukakan  pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.

Tes
Tertulis
Objektif
4.3 Menerapkan   konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagn
Konsep induksi   elektromagnetik dan prinsip kerja alat yang mendasarkan prinsip induksi elektro
Mendiskusikan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik.


Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi.
Tes
Tertulis
Uraian
7 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas IX Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas IX Agus
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Keguatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas 
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
etik
magnetik

Mengkaji tinjauan pustaka untuk mencari informasi mengenai prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana.


Menjelaskan       prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana.
Tes
Tertulis
Uraian

Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet;
Mendiskusikan prinsip sederhana cara kerja transformator secara berkelompok.



Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator.
Tes
Tertulis
Uraian
Guru membimbing siswa dalam menerapkan konsep induksi elektromagnetik dalam prinsip kerja generator dan transformator.



Menerapkan konsep induksi elektromagnetik dalam prinsip kerja generator dan transformator.
Tes
Tertulis
Uraian


SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : IPA
Kelas                           : VIII (delapan)
Standar Kompetensi : 5.  Memahami peranan usaha, gaya, dan energy dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
















Gaya
Mencari informasi tentang pengertian gaya
Menghitung resultan gaya segaris yang searah dan segaris yang berlawanan arah
Menyelesaikan permasalahan-permasalahan gaya.
Menjelaskan pengertian gaya


Tes
Lisan
Uraian
4 X 40’
Buku siswa (teori dan aplikasi fisika SMP kelas VIII karangan Budi Prasodjo dkk, Tahun terbit 2006 penerbit yudisthira, internet, jurnal, modul praktikum, alat-alat praktikum,
Mencari informasi tentang macam-macam gaya

Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

Tes
Tulis
uraian
Melakukan percobaan dengan neraca pegas untuk mengukur gaya suatu benda
Mengukur  besar gaya suatu benda.

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan kerja
Memetakan gaya gaya yang ada pada suatu benda
Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya- gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.


Tes
Tertulis
Uraian
Mencari informasi tentang pengaruh gaya terhadap suatu benda
Menjelaskan pengaruh gaya terhadap suatu benda
Tes
Tertulis
Uraian

Mencari informasi tentang syarat terjadinya kesetimbangan
Mengidentifikasi syarat terjadinya keseimbangan
Tes
Tertulis  
uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum Newton
Mencari informasi tentang bunyi hukum newton
Mencari informasi tentang penerapan hukum newton I, II, dan III dalam kehidupan sehari – hari.
Mengaplikasikan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan  hukum I , II, III  Newton

Tes
Tertulis
Uraian
7 X 40’
Buku siswa, (teori dan aplikasi fisika SMP kelas VIII karangan Budi Prasodjo dkk, Tahun terbit 2006 penerbit yudisthira internet, Alat-alat praktikum, modul praktikum, jurnal.
Melakukan percobaan hukum I, hukum II, dan hukum III Newton dengan menggunakan alat-alat.

Mendemonstrasikan hukum I Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan kerja

Mendemonstrasikan hukum II Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan kerja

Mendemonstrasikan hukum III Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan kerja
Melakukan percobaan gaya gesek pada permukaan yang kasar dan licin.


Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar.

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimp-ulan kerja


Mencari informasi tentang   adanya gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari.



Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan.

Tes
Tertulis
uraian





Mendiskusikan  untuk mencari perbedaan berat dan massa menggunakan alat


Membandingkan berat dan massa suatu benda
Tes
Tertulis
Uraian


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.












Energi dan Usaha
Mencari informasi tentang pengertian energi
Mencari informasi tentang hubungan energy, usaha dan daya.
Menyelesaikan permasalah-permasalahan  energy dan usaha
Menjelaskan pengertian energi

Tes
Lisan
Uraian
5 X 40’
Buku siswa, (teori dan aplikasi fisika SMP kelas VIII karangan Budi Prasodjo dkk, Tahun terbit 2006 penerbit yudisthira  internet, lingkungan
Mencari informasi tentang bentuk-betuk energy beserta contohnya.

Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Tulis
uraian
Mencari informasi tentang konsep energy dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengenalkan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Tulis
Uraian
Mendiskusikan konsep energy kinetic dan energy  potensial.
Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak.

Tes
Tertulis
Uraian
Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi.
Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Tertulis
Uraian

Diskusi  untuk menhetahui hubungan usaha dan energy.
Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha.

Tes
Tertulis
Uraian


Mencari informasi tentang penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.


Menjelaskan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Tertulis
Uraian


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.











Energi dan Usaha
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana (tuas, katrol, dan bidang miring).
Mencari informasi tentang apa saja pesawat sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Mengaplikasikan beberapa pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi (gir).

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan kerja
 4  X 40’
Buku siswa, (teori dan aplikasi fisika SMP kelas VIII karangan Budi Prasodjo dkk, Tahun terbit 2006 penerbit yudisthira  internet, jurnal, modul praktikum, alat-alat praktikum, lingkungan
Diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan pesawat sederhana.

Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana.






Tes
Tulis
uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tekanan
Mencari informasi tentang pengertian tekanan.

Mengaplikasikan konsep tekanan benda pada zat padat, cair, dan gas dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan pengertian tekanan

Tes
Lisan
Uraian
7 X 40’
Buku siswa, (teori dan aplikasi fisika SMP kelas VIII karangan Budi Prasodjo dkk, Tahun terbit 2006 penerbit yudisthira  internet, Alat-alat praktikum, modul praktikum, jurnal.
Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan.

Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan.
Tes
Unjuk kerja
Uji prosedur dan kesimpulan kerja
Melakukan percobaan bejana berhubungan.
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan kerja
Melakukan percobaan sederhana tentang hukum pascal dan hukum Archimedes.
.Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
Unjuk kerja
Uji prosedur dan kesimpulan kerja
Mencari informasi melalui lingkungan mengenai alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan hukum Archimides.

Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam.
Tes
Unjuk kerja
Uji kesimp-ulan kerja


Mendiskusikan konsep benda padat, cair, gas pada masalah sehari-hari


Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari).
Tes
Tertulis
uraian

















Standar Kompetensi : 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
















Sistem Tata Surya
Guru membimbing siswa mendiskusikan pengertian sistem tata surya dan menyebutkan anggotanya.
Siswa mengkaji tinjauan pustaka untuk mencari tentang pengertian sistem tata surya dari berbagai sumber.

Menjelaskan pengertian sistem tata surya.
Tes
Lisan
Uraian
2 X 40’
-Buku IPA terpadu SMP Kelas IX karangan Purwoko dkk, Tahun Terbit  2008 Penerbit Yudisthira.

-Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka. internet, lingkungan
Siswa mengkaji tinjauan pustaka untuk mencari tentang anggota sistem tata surya dari berbagai sumber.
Menyebutkan anggota sistem tata surya.
Tes
Tertulis
Uraian
Guru membimbing siswa dalam mengidentifikasi karakteristik sistem tata surya (diskusi kelas).

Siswa mengkaji tinjauan pustaka mengenai karakteristik sistem tata surya.
Mengidentifikasi karakteristik sistem tata surya.
Tes
Tertulis
Objektif
Siswa mendiskusikan karakteristik sistem tata surya dalam kelompok kecil (2-4 orang perkelompok)
Mendeskripsikan karakteristik anggota sistem tata surya.
Tes
Tertulis
Uraian
Siswa menjabarkan secara lisan  karakteristik anggota sistem tata surya melalui gambar (diskusi kecil)
Menunjukkan anggota sistem tata surya dengan gambar.
Tes
Lisan
Objektif
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet.
Matahari sebagai Bintang dan Bumi sebagai salah satu Planet
Siswa Mendiskusikan ciri-ciri matahari sebagai bintang berkelompok dengan bimbingan guru
Siswa mencari informasi tentang matahari sebagai bintang.

Menyebutkan ciri-ciri matahari sebagai bintang.
Tes
Tertulis
Uraian
X 40’
-Buku IPA terpadu SMP Kelas IX karangan Purwoko dkk, Tahun Terbit  2008 Penerbit Yudisthira.

 internet,  

-Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka,
Siswa Mendiskusikan ciri-ciri bumi  sebagai salah satu planet dengan bimbingan guru
Siswa mencari informasi tentang bumi sebagai salah satu planet.
Menyebutkan ciri-ciri bumi sebagai salah satu planet.
Tes
Tertulis
Uraian
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan dan menyimpulkan karakteristik matahari sebagai bintang dan dab bumi sebagai salah satu planet.

Membandingkan karakteristik matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet.
Tes
Tertulis  
Uraian
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
Gerak Edar Bumi, Bulan dan Satelit Buatan dan Pengaruh Interaksinya
Guru membimbing siswa untuk mendeskripsikangerak edar bumi, bulan, dan satelit buata.
Siswa mengkaji tinjauan pustaka untuk mencari tentang apa itu gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan.

Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan.
Tes
Tertulis
Objektif
 x 40’
-Buku IPA terpadu SMP Kelas IX karangan Purwoko dkk, Tahun Terbit  2008 Penerbit Yudisthira.

- Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka,
internet,  
Guru membimbing siswa dalam menggambarkan bentuk gerak edar  bumi, bulan dan satelit buatan.


Menggambarkan gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan.
Tes
Tertulis
Uraian

Siswa menyimpulkan gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan.

Membandingkan gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan.
Tes
Tertulis
Uraian
Guru membimbing siswa dalam mendiskusikan pengaruh interaksi gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan (diskusi kelas).
Siswa mengkaji tinjauan pustaka untuk mencari informasi tentang pengaruh interaksi gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan.

Menjelaskan pengaruh interaksi gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan.
Tes

Tertulis
Uraian
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Proses-Proses Khusus yang Terjadi di Lapisan Lithosfer dan Atmosfer yang Terkait dengan   Perubahan Zat dan Kalor
Guru membimbing siswa mendiskusikan proses-proses khusus yg terjadi di lapisan litosfer yg terkait dg perubahan zat dan kalor.
Siswa mengkaji tinjauan pustaka unuk menggali hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.

Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Tes
Lisan
Uraian
5 x 40’
-Buku IPA terpadu SMP Kelas IX karangan Purwoko dkk, Tahun Terbit  2008 Penerbit Yudisthira.

-Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka,
internet, lingkungan.
Guru membimbing isswa mendiskusikan prose-proses khusus yg terjadi di lapisan atmosfer yg terkait dg perubahan zat dan kalor.
Siswa mengkaji tinjauan pustaka unuk menggali hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Tes
Lisan
Uraian
Guru membimbing siswa dalam mendiskusikan contoh  proses-proses yang terjadi di lapisan lithosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.

Memberi contoh proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Tes
Tertulis
Uraian


Guru membimbing siswa dalam mendiskusikan contoh  proses-proses yang terjadi di lapisan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.


Memberi contoh proses-proses khusus yang terjadi di lapisan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Tes
Tertulis
Uraian

Guru membimbing siswa mengaitkan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Mengaitkan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
Tes
Tertulis
Uraian

5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.
Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.
Guru Membimbing siswa mengidentifikasi hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer dengan lingkungan.


Mengidentifikasi hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan lingkungan.
Tes
Tertulis 
Objektif
4 x 40’
-Buku IPA terpadu SMP Kelas IX karangan Purwoko dkk, Tahun Terbit  2008 Penerbit Yudisthira,

 -Buku Bank Soal Fisika Smp Kelas VII,VIII, dan IX penyusun Redaksi Kawan Pustaka, tahun terbit 2008 Penerbit Kawan Pustaka.
internet, lingkungan
Guru Membimbing siswa mengidentifikasi hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer dengan kesehatan.
Mengidentifikasi hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan permasalahan kesehatan.
Tes
Tertulis
Objektif
Guru membimbing siswa dalam mendiskusikan hubungan  kesehatan dan lingkungan di sekitar nya berdasarkan proses-prose yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer.
Mendiskusikan hubungan antara kesehatan dan  permasalahan lingkungan di sekitar kita berdasarkan proses-proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan lapisan atmosfer.
Tes
Lisan
Uraian

Siswa mendiskusikan penyelesaian  permasalahan lingkungan dan kesehatan yang terjadi di sekitar kita secara berkelompok.
Memecahkan permasalahan lingkungan dan kesehatan yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer di sekitar kita.
Tes
Lisan
Uraian


SILABUS PEMBELAJARAN
Standar Kompetensi     : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk

6.1 Mengidentifikasi konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya

Getaran dan Gelombang
Guru menjelaskan mengenai pengetian getaran

Menghitung periode dan frekuensi geteran 
Siswa Mengetahui dan  mampu memebedakan yang termasuk   getaran dan gelombang
Menjelaskan pengertian Getaran
Tes
Tertulis
Uraian
6 x 40’
IPA FISIKA untuk AMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;

Guru membimbing siswa dalam menghitung periode dan frekuensi suatu getaran
Menghitung periode dan frekuensi getaran

Tes
Tertulis
Uraian

Guru menjelaskan mengenai pengertian gelombang

Menjelaskan pengertian gelombang

Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan macam-macam gelombang (diskusi kelas)

Mengidentifikasi macam-macam gelombang

Tes
Tertulis
PG

Guru menjelaskan karakteristik gelombang  transversal dan longitudinal

Membuat caharta tentang gelombang longitudinal dddan tranfersal serta penjelasan
Membedakan karakteristik antara gelombang longitudinal dan transversal

Tes
Tertulis
Uraian

Guru membimbing siswa dalam mencari hubungan antara cepat rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang




Mendeskripsikan hubungan antara cepat rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang



Tes
Tertulis
Uraian

Kompetensi Dasar
Materi pembalajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk

6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari



Bunyi
Guru menjelaskan pengertian bunyi
Mencari aplikasi bunyi infrasonic, ultrasonic dan audiosonik dalam kehidupan sehari-hari
Siswa Mengetahui pengaruh medium perambat bunyi terhadap cepat rambat bunyi
Menjelaskan pengertian bunyi
Tes
Lisan 
Uraian
10 x 40’
IPA FISIKA untuk AMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;

Guru menjelaskan karakteristik bunyi

Menjelaskan karakteristik bunyi
Tes
Tertulis
Uraian

Guru menjelaskan cepat rambat gelombang bunyi 

Menjelaskan Cepat Rambat Gelombang Bunyi
Tes
Tertulis
Uraian

Guru menjelaskan bunyi infrasonic, ultrasonic dan audiosonik dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan dan memberi contoh bunyi infrasonic, ultrasonic dan audiosonik dalam kehidupan sehari-hari
Tes
Tertulis
PG

Guru menjelaskan pengertian resonansi bunyi
Siswa Mengetahui contoh bunyi pantul dalam kehidupan sehari-hari


Menjelaskan pengertian  resonansi bunyi
Tes
Tertulis
Uraian

Guru membimbing siswa dalam Melaksanakan percobaan tentang resonansi
Melakukan percobaan resonansi bunyi
Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan unjuk kerja

Guru menjelaskan Hukum Pemantulan Bunyi
Menjelaskan Hukum Pemantulan Bunyi



Tes
Tertulis
Uraian

Guru menjelaskan macam-macam bunyi pantul






Menjelaskan macam-macam bunyi pantul






Tes
Tertulis
Uraian

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk

6.3
Menyelidiki
sifat-sifat
cahaya dan
hubungan-
nya dengan
berbagai bentuk cermin dan lensa





cahaya
Guru menjelaskan pengertian cahaya


Membuat charta pemantulan cahaya pada cermin datar cekung dan cembung
Siswa Mengetahui konsep  pemantulan cahaya pada cermin datar, cekung dan cembung dalam aplikasinya di kehidupan sehari-hari

Menjelaskan  pengertian cahaya


Tes
Tertulis
Uraian
10 x40
IPA FISIKA untuk AMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;







Guru membimbing siswa dalam menyebutkan sifat –sifat cahaya

Menyebutkan sifat –sifat cahaya

Tes
Lisan
Uraian
Guru menjelaskan hukum pemantulan Cahaya

Menjelaskan hukum pemantulan Cahaya

Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan cara menggambar pemantulan cahaya pada cermin datar, cekung dan cembung (diskusi
Menjelaskan dan   menggambarkan pemantulan cahaya pada cermin datar, cekung dan cembung

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan unjuk kerja
Guru menjelaskan sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
Mendeskripsikan sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.

Tes
Tertulis
Uraian
Guru menjelaskan  hukum pembiasan cahaya


Siswa Menggambarkan pembiasan cahaya pada lensa cembung,
Siswa Mengetahui cara  pembiasan cahaya pada lensa cembung,
Menjelaskan hukum pembiasan cahaya





Tes
Tertulis
Uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk






Mendiskusikan gambar pembiasan cahaya pada lensa cembung,dan cekung (diskusi kelas )

dan cekung
dan cekung dalam aplikasinya di kehiuapan sehari-hari
Menjelaskan dan   menggambarkan pembiasan cahaya pada lensa cembung,dan cekung

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan unjuk kerja

IPA FISIKA untuk AMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;

Guru membimbing siswa dalam mendeskripsikanMendeskripsikan sifat-sifat bayangan yang dibentuk  oleh lensa  cekung dan cembung
Mendeskripsikan sifat-sifat bayangan yang dibentuk  oleh lensa  cekung dan cembung
Tes
Tertulis
Uraian

Menyebutkan aplikasi pembiasan cahaya pada lensa  cekung dan cembung dalam kehidupan sehari-hari
Tes
Lisan
Uraian
Mendiskusikan aplikasi pembiasan cahaya pada lensa  cekung dan cembung dalam kehidupan   sehari-hari(diskusi)
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari



Alat Optik
Guru menjelaskan pengertian alat optik

Membuat charta pembentukan bayangan benda pada retina.

Mengetahui aplikasi alat optic dalam teknologi di kehiduapan sehari-hari
Menjelaskan pengertian alat optik

Tes
Tertulis
Uraian
Guru menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik

Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
alat
Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan gambar pembentukan bayangan benda pada retina
Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina

Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan unjuk kerja



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka 
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk





Guru menjelaskanbeberapa cacat mata dan penggunaan kacamata

Mengetahui penggunaan kaca mata bagi penderita cacat mata

Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kacamata

Tes
Tertulis

Uraian 
8 x40
IPA FISIKA untuk AMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Guru membimbing siswa dalam menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik

Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik

Tes
Tertulis
Uraian
Guru menjelaskankonsep lup sebagai alat optik

Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik

Tes
Tertulis
Uraian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar