Senin, 24 Maret 2014

SILABUS PEMBELAJARAN FISIKA LENGKAP



SILABUS PEMBELAJARAN
            Mata Pelajaran             : Fisika
            Kelas / Semester          : VII / Ganjil
Standar Kompetensi     : 1. Memahami Prosedur Ilmiah Untuk Mempelajari Benda-benda Alam Dengan Menggunakan Peralatan.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan

Besaran
Mencari informasi mengenai definisi besaran

Membuat pengelompokkan antara besaran pokok dan besaran turunan.
Siswa mampu membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
Menjelaskan pengertian besaran
Tes
Lisan
Uraian
3 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet;
Mencari informasi mengenai definisi dan contoh besaran pokok

Mendeskripsikan pengertian besaran pokok

Tes
Tertulis
Uraian
Mencari informasi mengenai definisi   dan contoh besaran turunan

Mendeskripsikan pengertian besaran turunan
Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan besaran-nesaran fisika yang tergolong sebagai besaran pokok  ( diskusi kelas )

Mengelompokkan besaran-besaran fisika dalam besaran pokok
Tes
Tertulis
PG
Mendiskusikan besaran-besaran fisika yang tergolong sebagai besaran turunan ( diskusi kelas )
Mengelompokkan besaran-besaran fisika dalam besaran turunan
Tes
Tertulis
PG
1.2 Mendeskripsikan pengertian
Suhu dan Pengukurannya
Mencari informasi mengenai definisi suhu
Mengkonversikan suhu suatu zat dari skala
Menaplikasikan pengukuran suhu dengan
Menjelaskan pengertian suhu



Tes
Lisan
Uraian
6 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
suhu dan pengukurannya

Mencari informasi mengenai definisi skala

Celcius, Kelvin,Fahrenheit, dan
Reamur;
benar.
Menjelaskan pengertian skala
Tes
Lisan
Uraian

Marthen Kanginan
( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mencari informasi mengenai skala yang digunakan pada pengukuran suhu

Menyebutkan 4 skala yang digunakan dalam pengukuran suhu

Tes
Lisan
Uraian
Mendiskusikan besarnya skala thermometer sesuai dengan jenis skalanya ( diskusi kelas )

Menetapkan skala thermometer
Tes
Tertulis
PG
Mendiskusikan perumusan hubungan keempat skala thermometer ( diskusi kelas )

Merumuskan hubungan keempat skala thermometer dalam perbandingan
Tes
Tertulis
PG
Melakukan percobaan sederhana menggunakan thermometer celcius dan thermometer lain yang belum diketahui skalanya.

Membandingkan skala thermometer celcius dengan thermometer yang lainnya
Tes
Unjuk  Kerja
Uji Kesimpulan Unjuk Kerja
Melakukan pengukuran suhu zat dengan menggunakan thermometer.

Menggunakan thermometer untuk mengukur suhu zat

Tes
Unjuk kerja
Uji Kesimpulan Unjuk Kerja
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Teknik
Bentuk
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Pengukuran
Melakukan pengukuran suatu benda menggunakan gambar, atau simulasi

Menentukan alat yang sesuai dengan fungsi pengukurannya.;
Melakukan pengukuran menggunakan beberapa alat ukur ( suhu, panjang ) yang sesuai dengan teliti dan mencatat hasil nya.
Menyelesaikan permasalahan pengukuran;
Melakukan pengukuran secara tidak langsung

Tes
Tertulis
PG
5 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;

Melaksanakan percobaan pengukuran suatu benda, misalnya tebal kertas menggunakan mikrometer sekrub

Melakukan pengukuran secara langsung

Tes
Unjuk Kerja
Uji keterampilan unjuk kerja
Melakukan eksperimen menggunakan satuan baku dan tak baku

Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.

Tes
Unjuk Kerja
Uji ketelitian unjuk kerja



-SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas / Semester          : VII / Ganjil
Standar Kompetensi   : 3. Memahami wujud Zat dan Perubahannya
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
3.1 Menjelaskan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Wujud Zat
Mendiskusikan pengertian dan proses perubahan  wujud zat ( diskusi kelas ).
Menyusun skema perubahan wujud zat.; Mengamati peristiwa kohesi dan adhesi.
Menyelesaikan permasalaahan peristiwa perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari

Menjelaskan perubahan wujud zat
Tes
Lisan
Uraian
3 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mencari informasi mengenai sifat-sifat zat padat, cair dan gas berdasarkan bentuk dan volumenya.

Membedakan sifat-sifat antara zat padat, cair dan gas.
Menyebutkan sifat zat padat, cair dan gas

Tes
Lisan
Uraian
Mendiskusikan  pengertian kapilaritas dan peristiwa kapilaritas yang dapat dijumpai di kehisupann sehari-hari ( diskusi kelas )
Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari.
Mengaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

Tes
Tertulis
Uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tahnik
Bentuk


Melakukan pengamatan sifat adhesi dan kohesi
pada percobaan air dan raksa pada pipa kapiler.



Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan
Pengamatan
Tes
Unjuk kerja
Uji kesimpulan unjuk
kerja


3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari

Massa Jenis
Melakukan percobaan menentukan massa jenis berbagai zat dengan menggunakan alat-alat ( 4 s/d 5 orang tiap kelompok )


Menentukan jenis zat berdasarkan massa jenisnya;
Menyelesaikan soal-soal  berkaitan dengan konsep massa jenis

Menyelesaikan permasalahan sehubungan dengan massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan dari hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu ciri khas suatu zat

Tes
Unjuk Kerja
Uji Kesimpulan unjuk kerja
4x40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;


Mendiskusikan perumusan konsep massa jenis             ( diskusi kelas )


Menghitung massa jenis suatu zat
Tes
Tertulis
PG
Mencari informasi peristiwa-peristiwa berkaitan dengan konsep massa jenis dalam kehisupan sehari-hari
Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Mengggunakan konsep massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari




Tes
Tertulis
Uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian Tugas
KMTT
Jenis
Tehnik
Bentuk
 3.3 Menjelaskan prinsip  pemuaian
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pemuaian Zat
Mendiskusikan pengertian pemuaian zat ( diskusi kelas )

Mencari informasi pemuaian yang terjadi pada zat
Padat, cair, dan gas;
Mencari informasi  peristiwa Anomali Air
Menyelesaikan permasalahan-permasalahan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan pengertian pemuaian zat
Tes
Tertulis
Uraian
5 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII
Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mendiskusikan  proses  terjadinya pemuaian pada zat padat, cair dan gas ( diskusi kelompok 4 s/d 5 orang ).

Mengidentifikasi proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas

Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan perumusan pemuaian Panjang, Luas dan Volume ( diskusi kelas )

Menyatakan  pemuaian panjang, luas dan volume ke dalam persamaan
Tes 
Tertulis
PG
Mencari informasi perihal pemuaian volume yang terjadi pada zat cair.

Mengetahui adanya sifat anomaly air.
Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair.

Tes
Tertulis
Uraian
Mencari informasi perihal prinsip pemuaian dalam teknologi.
Mengaplikasina pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi misalnya Bimetal, pengelingan, pemasangan bingkai besi pada roda, pemasangan kaca, dan rel kerata api.

Tes
Tertulis
Uraian
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah
wujud zat
Kalor
Mendiskusikan pengertian kalor ( diskusi kelas )
Menghitung banyaknya kalor yang di perlukan pada proses perubahan

Menjelaskan pengertian kalor
Tes
Lisan 
Uraian
5 x 40’
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan (
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Pelaksanaan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Pemberian tugas
KMTT
Jenis
Teknih
Bentuk
dan suhu
suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari

Mencari informasi tentang bagaimana kalor mengubah suhu benda dan pengaruh kalor terhadap peristiwa perubahan wujud.

suhu,
Melebur, dan menguap.
Menyelesaikan permasalahan-permasalahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda dan  perubahan wujud zat

Tes
Tertulis
Uraian

ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
Mendiskusikan proses kenaikkan suhu zat ( diskusi kelas  )

Mengidentifikasi  banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat.

Tes
Tertulis
Uraian
Mendiskusikan factor yang mempengaruhi penguapan ( diskusi kelas )

Mengemukakan factor-faktor yang dapat mempercepat panguapan.

Tes
Tertulis
Uraian
Melakukan percobaan kalor menggunakan calorimeter.

Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
Tes
Uji Kerja
Uji Kesimpulan Kerja
Mendiskusikan hubungan antara energy, massa, kalor jenis dan suhu ( diskusi kelas )
Menerapkan hubungan
Q = m. C. Δt
Q = m. U dan
Q = m. L
Untuk menyelesaikan masalah sederhana

Tes
Tertulis
Uraian dan PG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar