Senin, 10 Desember 2012

Ledakan bintang.



Supernova SN2010jl. KLIK gambar untuk memperbesar. Image credit: chandra.harvard.edu
Observasi yang dilakukan dengan NASA's Chandra X-ray Observatory, memberikan bukti baru bahwa gelombang kejut yang dihasilkan oleh supernova mampu menembus kumpulan gas yang berada disekitar bintang yang meledak. Penemuan ini dapat membantu para astronom mengatahui mengapa beberapa ledakan supernova lebih kuat dari pada supernova yang lain.


Pada 3 November 2010, sebuah supernova ditemukan di galaksi UGC 5189A yang terletak 160 juta tahun cahaya dari Bumi dengan enggunakan data dari All Sky Automated Survey Telescope di Hawai.

Gambar komposit dari UGC 5189A menunjukkan data sinar-X dalam warna ungu dan data optik dari telekop Hubble dalam warna merah, hijau, dan biru. SN 2010jl adalah bagian atas galaksi dengan cahaya sinar- X yang sangat terang.

Dikutip dari spacedaily.com, Selasa (22/05/2012), Tim peneliti menggunakan NASA's Chandra X-ray Observatory untuk mengobservasi supernova ini pada bulan Desember 2010 dan Oktober 2011. Supernova ini adalah satu supernova yang paling terang dari supernova lain yang pernah dideteksi dengan sinar-X.

Dengan cahaya optik, SN 2010jl  10 kali lebih terang dari pada tipe supernova lain yang berasal dari hasil ledakan bintang masif. Dan ini masuk ke dalam kelompok supernova paling terang yang saat ini diketahui dengan survey optik. Penjelasan berbeda diusulkan untuk menjelaskan energi supernova ini termasuk interaksi gelombang ledakan supernova dengan kepadatan materi disekitar bintang yang akan meledak. Radioaktif dihasilkan dari ketidakstabilan dari supernova itu (dipisu oleh konversi sinar gamma menjadi partikel dan anti anti partikel), dan emisi dari inti bintang dengan medan magnet kuat yang tidak biasa.

Data yang diambil dari NASA's Chandra X-ray Observatory menunjukkan bahwa sinar-X dari gelombang ledakan supernova tersebut diserap oleh kumpulan gas disekitarnya. Dan kumpulan gas tersebut berasal dari bintang masih sebelum ia meledak. (Adi Saputro/astronomi.us)



sumber : http://www.astronomi.us/2012/05/supernova-sn2010jl-supernova-paling.html

1 komentar: